Cara mengatasi memori hp selalu penuh, padahal aplikasi sedikit

Terdapat beberapa kemungkinan mengapa memori internal pada perangkat android anda selalu penuh meskipun jumlah aplikasi yang terpasang bukan terlalu poly atau sedikit.
Faktor utamanya umumnya di sistem operasi (os) agan sendiri. Sistem operasi android sendiri pula membutuhkan ruang pada memori internal buat menyimpan arsip-file yang dibutuhkan.

Jika sistem operasi anda sudah terinstal semenjak usang, maka arsip-arsip tadi mungkin telah bertambah poly serta menyebabkan penuhnya memori internal.

Kenali beberapa faktor memori hp penuh padahal aplikasi sedikit

1. File yang tak diharapkan
Memori internal bisa penuh karena adanya arsip yang tidak diperlukan, mirip foto, video, dan dokumen yg tidak dipakai lagi. Anda bisa menggunakan perangkat lunak pengelola file buat menemukan dan menghapus arsip yg tidak diharapkan.
2. Cache perangkat lunak
Beberapa perangkat lunak dapat menyimpan cache pada memori internal, yg bisa mengakibatkan penuhnya memori internal. Anda dapat menghapus cache software dengan masuk ke sajian “setelan” di perangkat android anda, lalu menentukan “aplikasi” atau “perangkat lunak dan notifikasi”, tergantung pada versi android yg anda pakai. Pilih aplikasi yg ingin anda hapus cache-nya, kemudian pilih “hapus cache”.
3.Software data
Selain cache, beberapa software pula bisa menyimpan data di memori internal. Anda dapat menghapus data aplikasi yang bukan diharapkan dengan menjalankan langkah yang sama mirip menghapus cache, kemudian pilih “hapus data” di sajian aplikasi.
4.Sistem operasi
Sistem operasi android sendiri jua membutuhkan ruang pada memori internal buat menyimpan file-arsip yang dibutuhkan. Bila sistem operasi anda sudah terinstal sejak usang, maka file-file tadi mungkin sudah bertambah banyak dan menyebabkan penuhnya memori internal.
5. Perangkat keras
Jika perangkat android anda memiliki spesifikasi perangkat keras yg rendah, maka memori internal yg tersedia mungkin terbatas, sebagai akibatnya praktis penuh meskipun jumlah software yg terpasang bukan terlalu banyak.

Cara mengatasi memori hp selalu penuh, padahal perangkat lunak sedikit
Untuk mengatasi memori internal pada perangkat android yang selalu penuh meskipun jumlah aplikasi yg terpasang bukan terlalu banyak, anda bisa mencoba beberapa langkah berikut:
1. Hapus arsip yg tak dibutuhkan
Anda dapat menggunakan software pengurus file seperti file manager atau es arsip explorer buat menemukan serta menghapus arsip yg tidak dibutuhkan, mirip foto dan video yang sudah bukan digunakan lagi, atau file yang didownload secara bukan sengaja.
2.Hapus cache aplikasi
Beberapa software bisa menyimpan cache di memori internal, yang bisa menyebabkan penuhnya memori internal. Anda bisa menghapus cache perangkat lunak menggunakan masuk ke hidangan “setelan” pada perangkat android anda, lalu memilih “software” atau “aplikasi serta notifikasi”, tergantung di versi android yang anda pakai. Pilih aplikasi yg ingin anda hapus cache-nya, kemudian pilih “hapus cache”.
3.Hapus data aplikasi
Selain cache, beberapa software juga bisa menyimpan data di memori internal. Anda bisa menghapus data perangkat lunak yg bukan diperlukan menggunakan menjalankan langkah yang sama seperti menghapus cache, lalu pilih “hapus data” pada sajian perangkat lunak.
4. Pindahkan software ke memori eksternal
Jika anda mempunyai kartu Sekolah Dasar, anda dapat memindahkan beberapa aplikasi ke memori eksternal buat mengosongkan memori internal. Buat melakukannya, masuk ke hidangan “setelan” pada perangkat android anda, lalu pilih “software” atau “software serta notifikasi”, tergantung di versi android yang anda pakai. Pilih aplikasi yg ingin anda pindahkan ke memori eksternal, lalu pilih “pindahkan ke SD card”.
5. Atur ulang perangkat
Jika anda telah mencoba langkah-langkah di atas serta memori internal masih penuh, anda bisa mencoba mengatur ulang perangkat android anda ke pengaturan awal. Pastikan buat membackup data penting anda sebelum menjalankan reset.

Sebab seluruh data akan terhapus sehabis reset. Buat menjalankan reset, masuk ke menu “setelan”, kemudian pilih “tentang telepon” atau “ihwal perangkat”, tergantung pada versi android yang anda gunakan

 

Related Posts